Jumat, 18 November 2011

Band progressive jaman sekarang ?

Progressive rock saya rasa akan terus ada sepanjang zaman, dengan bentuk yang lebih adaptif terhadap musik yang menjadi trend pada era tersebut. Pada era 60-an, Psychedelic Rock menjadi cikal bakal Progressive Rock classic. Pada 70-an, demam progressive rock merajalela dalam bentuk terbaiknya. Sedangkan 80-an, band-band senior 70-an tiba tiba saja berubah menjadi cengeng dan ngepop dalam bentuk progressive rock terburuk menurut saya.

Kita bisa lihat bahwa genre progressive merebak dan bangkit kembali pada dekade 90-an hingga saat ini. Dalam bentuk yang baru tentu saja, yang sering kita namakan progressive Metal - Progressive rock 70-an yang dibalut dengan sound metal Metalicca, Slayer, Pantera, dll - yang cukup menarik. Setelah itu kembali merebak sub genre yang lebih banyak lagi. Salah satunya mathrock.

Mengenai Math Rock, tidak ada salahnya kita mencoba mengulas tentang salah satu "mbahnya Math Rock", yaitu King Crimson. Beberapa ciri proto Math Rock bisa kita dengar di album-album mereka. Dan dengan jeniusnya mereka mengutak-atik ketukan (4/4 yang standar diganti menjadi 7/8, 11/8, 13/8) birama, nada, dan nuansa, sehingga menjadi bentuk progressive rock dengan ciri khas berbeda dibandingkan dengan musisi prog sejamannya yang lebih menonjolkan sound mellotron dan organ. Musik King Crimson lebih menonjolkan pada sound gitar yang khas, kadang pentatonis, dan ketukan drum yang poliritmik.

Akarnya menurut saya sebenarnya sama. Sama-sama ngejelimet hehe. Mereka bisa dibilang penerus genre ini. Mereka hanya memodifikasi dan mengembangkan konsep bermusiknya. Hal ini tentu saja sangat bagus dan variatif.

By Montemassacre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar